CARA MENGETAHUI DAN MENGAJUKAN NISN

October 22, 2011 by   - dibaca 4,124 kali
Leave a Comment

 

Pada posting kali ini saya akan membagi pengalaman tentang bagaimana cara mengetahui dan mengajukan NISN mandiri. Maksudnya  pihak sekolah langsung mengetahui / mengajukan NISN siswanya tanpa melalui UPT Pendidikan maupun Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

A. Cara melihat NISN siswa :

  1. Cara termudah anda pakai situs pencarian seperti google atau sejenisnya. Masukkan kata kunci NISN SD (anda) kemudian klik artikel yang sesuai keinginan anda.
  2. Cara berikutnya dengan mengunjungi alamat www.nisn.dapodik.org anda dapat mencari pemilik NISN dengan memasukkan nomor yang anda kehendaki tersebut ke kotak pencarian kemudian klik tombol “Cari”.

Namun jika anda ingin mengetahui Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) siswa (bukan mengetahui pemilik NISN ) maka anda dapat masuk ke menu Data Siswa > Pilih Popinsi dengan meng klik tombol v disamping kanannya . Demikian pula Kab/Kota lalu jenjang kemudian status .

Setelah selesai klik tombol “Lihat Daftar”.

Di halaman ini anda memiliki kesempatan mencari data siswa dengan memasukkan nama siswa ataupun NISNnya. dengan cara memilih opsi pencarian dibawah kotak pencarian pada tahap ini. Beda dengan halaman sebelumnya yang sudah saya bahas tadi. kita cuma bisa mencari data siswa dengan memasukkan NISN saja.

Jika anda ingin mengetahui data siswa keseluruhan (satu lembaga) atau lebih, maka dihalaman bawah anda dapat melihat daftar lembaga yang sudah anda cari. Jika nama lembaga yang dimaksud tidak ada disitu, bisa jadi dihalaman berikutnya yang dapat anda pilih menu “halaman” diatas baris L/P tabel.

Klik nama lembaga yang anda kehendaki (yang berwarna biru) maka anda sudah sampai pada data siswa keseluruhan satu lembaga yang anda kehendaki.

Jika nama siswa tidak terlihat seluruhnya, maka anda dapat melakukan langkah pemilihan “halaman” seperti diatas.

 

B. Pengajuan NISN

Setelah sampai pada artikel ini disebelah kanan ada link “pengajuan akun dapodik sekolah”. Syarat utama mengajukan NISN atau bahkan mengelola data sekolah harus mendapatkan persetujuan pengajuan akun dapodik sekolah.

Sekolah mendaftarkan lembaganya untuk memiliki hak akses operator dapodik sekolahnya. Dengan cara mengisi formulir pengajuan yang sudah disediakan.

Cara mendapatkan formulir :

  • Masuk ke www.nisn.dapodik.org > pilih menu pengajuan akun.
  • Masukkan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) lembaga anda.
  • Masukkan kode yang terlihat pada kotak yang disediakan.
  • Anda sudah dihadapkan dengan formulir yang harus diisi.
  • Catatan penting : jika anda menemui pesan seperti dibawah ini maka lembaga anda sudah terdaftar sebelumnya.

 

Jika lembaga sudah terdaftar namun anda tidak tahu siapa yang mendaftarkannya, coba masuk ke data lembaga anda sendiri. Di atas data siswa ada menu data operator, jika anda klik maka nama operator pengguna sebelumnya akan muncul. Maka untuk mendaftar akun dapodik sekolah anda harus meminta persetujuan operator tersebut.

Saya lanjutkan tentang pengisian formulir.

  • Jika sudah diisi, maka konfirmasi formulir akan dikirimkan lewat email yang anda daftarkan. Silahkan di print untuk ditanda tangani Kepala Sekolah. Anda juga dapat mencetak / print langsung ketika formulir selesai diisi ketika mendapatkan konfirmasi.
  • Jika sudah ditanda tangani Kepala Sekolah dan di stempel, anda diminta untuk memindai formulir tersebut (discaner) kemudian dikirimkan lewat email ke alamat : dapodik@jardiknas.org
  • Jika sudah disetujui anda segera mendapatkan balasan yang berisikanUsername dan password akun lembaga anda.
  • Pendaftara selesai……….ah, lega juga jika anda sudah sampai disini.

Sekarang ke tahap inti pengajuan NISN.

  • Masuk ke www.operator.dapodik.org kemudian masukkan username dan password anda. Jangan lupa ketikkan kode yang terlihat ke kotak yang tersedia.
  • Selamat anda sudah memiliki akses mengelola NISN maupun data pendidik di lembaga anda.
  • Untuk mengajukan NISN : masuk ke menu “Siswa”> Data siswa >pengajuan NISN Baru.
  • Selanjutnya saya yakin anda sudah paham jika sudah sampai disini.
  • Pengajuan kolektif juga disediakan di menu “Kirim Data”.
  • Terima kasih sudah memanfaatkan blog ini untuk pengetahuan anda. Pertanyaan di luar artikel diatas dapat anda tujukan ke operator SDN Kebonrejo I, Jika dapat saya jawab maka kamipun senang bisa membantu…

NISN dapat dilihat oleh siapapun tanpa harus mendaftar, akan tetapi untuk mengusulkan NISN hanyalah pemilik akses akun dapodik. Orang Tua / Wali siswa, bahkan siswa sendiripun dapat mengajukan NISN dengan mengisi formulir yang di sediakan di www.nisn.dapodik.org pada menu formulir pengajuan. Hanya saja pengumpulan formulir tersebut masih manual melalui Dinas Pendidikan setempat.

Baru : Khusus NINS 2012 baca “MENGAIS NISN”

Komentar Anda?

  1. November 25, 2011 at 4:09 pm

    apa yang saya cari, terima kasih

    • February 4, 2012 at 12:18 am

      Alhamdulillah…ternyata tulisan ini bermanfaat

    • April 3, 2012 at 10:22 am

      Ass pak, bagaimana cara memperoleh nisn SD saya t
      amat tahun 2006/2007 karna di sekolah sd saya nisn itu baru ada 3 tahun terakhir ini terimakasih

      • April 4, 2012 at 8:20 am

        untuk melacak nisn secara online, bukan hanya anda yang kesulitan. seluruh Indonesia juga mengalaminya. Jika anda pantang menyerah, coba bertanya langsung ke SLTPnya kalo tidak ada juga langsung ke dinas pendidikan kabupaten/kota tempat anda.
        Jika SD baru ada 3 tahun terakhir, berarti dulu-dulunya pengajuan NISN diserahkan lembaga SLTPnya.

  2. March 22, 2012 at 10:09 am

    gi mana cara mesasukan data sekolah saya untuk mendapat NISN TERSEBUT

    • March 22, 2012 at 9:58 pm

      khusus sejak januari 2012 hingga saya menjawab ini, situs dapaodik lama sudah diblokir. Informasinya ada perpindahan situs, tetapi situs yg baru malah belum bisa dijalankan hinggga sekarang. detailnya anda baca di artikel “Pengajuan NISN 2012″.

    • April 4, 2012 at 8:26 am

      mulai 1 januari 2012, layanan nisn mengalami trouble hingga sekarang. mungkin jika sudah fix akan saya tulis di artikel selanjutnya..

  3. March 22, 2012 at 10:12 am

    bagai mana cara memasukan data siswa untuk mendapatkan NISN siswa saya

  4. September 29, 2012 at 6:04 pm

    sangat baik

Komentar Anda?